BAN

BAN
Buku Pidato 4 Bahasa Aceh, Arab, Inggris dan Indonesia Bahagi Pemula

Contoh Mukaddimah Khutbah Jum’at


Muhammad Azis

اعوذ بالله من الشيطان الرجيم، بسم  الله الرحمن الرحيم.
A’udhubillahi minasy syaitha nirrajim, bismillahirrahmanirrahim.

السلام علينا والسلام على من التبع الهدى والسلامه الله عليكم ورحمةالله وبركاته.
Assalamu ‘alaina was salamu ‘ala manit taba’al huda was salamuhullahu ‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

نحمدك ياذالجلال والاكرام على من اكملت لنا من دين الاسلامى، لك الحمد ليلا ونهارا كمالك الحمد بكرة واصيلا، ولك الحمد فى العسر كمالك الحمد فى اليسر، ولك الحمد فى السراء والضراء كمالك الحمد فى النعيم والرخاء، مؤمنين بامره مسلمين بقضائه، ملتمسين منه جلا وحلا وصبر على البلاء.
Nahmaduka ya zal jalali wal ikram ‘ala man akmalta lana min dinil islam, lakal hamdu lailaw wa nahara kama lakal hamdu bukrataw wa ashila, wa lakal hamdu fil ‘usri kama lakal hamdu fil yusr, wa lakal hamdu fis sarra’i wadh dharra’ kama lakal hamdu fin na’imi war rakha’, mukminina bi amrihi musliminina bi qadha ih, multamisina minhu jalla wa halla wa shabra ‘alal bala’.

فنصل ونسلم على نبي الهدى والرحمة المبعوث بالكتاب والحكمة، ختم النبي وامام المرشدين، سيدنا محمد وعلى اله وصحبه اجمعين، اشهد الااله الا الله وحده لاشريك له واشهد ان محمد عبده ورسوله لانبي بعده، ارسله بالهدى ودين الحق ليظهره على الدين كله ولو كرها المشركون، اللهم فصل وسلم وبارك على سيدنا محمد وعلى اله وصحبه واتباعه اجمعين، اللهم ادخلنا مدخلا صدق واخرجنا مخرج صدق وجعلنا من لدنك سلطانا نصيرا، اما بعد.
Fanushalli wa nusallim ‘ala nabiyyil huda war rahmatul ma’utsu bil kitabi wal hikmah, khatmin nabiyyin wa imamil mursyidin, sayyidina Muhammad wa ‘ala alihi wa shahbihi ajma’in, asyhadu alla ilaha illallah wahdahu la syarikalah wa asyhadu anna Muhammadan ‘abduhu wa rasuluh la nabiyya ba’dah, arsala bilhuda wa dinil haq liyudh hirahu ‘alad dini kulluh walaw karihal musyrikun, allahumma fa shalli wa sallim wa barik ‘ala sayyidina Muhammad wa alihi washahbihi wa itba’ihi ajma’in, allahumma adkhil na mud khala sidqew wa akhrijna mukhraja sidqew waj’alna min ladunka sulthanan nashira, amma ba’du.

فقال سبحانه وتعالى فى القران الكريم وهو اصدق القائلين، اعوذ بالله من الشيطان الرجيم.
Fa qala subhanahu wa ta’ala fil quranil karim wahuwa ashdaqul qa ilin, a’udhubillahi minasy syaithanirrajim.

بسم  الله الرحمن الرحيم.....
(Ayat yang berkenaan dengan khutbah khatib di hari Jum’at tersebut).

.....صدق الله العظيم.
Shadaqallahul ‘adhim.

Hadirin jama’ah Jum’at yang dirahmati Allah SWT...

     Sebagai seorang hamba yang berakal lagi berpikiran, yang mengetahui bahawa dunia ini diciptakan, yang mempercayai adanya sebuah wujud yang tidak mampu dilihat oleh mata namun bisa dirasai oleh badan, sudah semustinya kita harus memuja dan memuji, bersaksi serta menjunjung tinggi akan Allah SWT.

Yang senantiasa mencurahkan nikmat kasih dan rahmat sayang-Nya kepada kita semua, yang telah menciptakan segala sesuatu dari tak berwujud menjadi sebuah perwujudan yang sangat luar biasa, itulah Ia, Allah SWT yangmana Allah juga telah menciptakan manusia dengan sebaik rupa seperti pada firmannya dalam Al-Quran yang berbunyi;

لقدخلقنا الانسان فى احسن تقويم.

Dan tak lupa pula selawat besertakan salam marilah sama-sama kita do’akan kepangkuan alam yang lahirnya telah lama dinanti-nantikan, jauh sanawatan qablah, qabla berjuang atas azas fi sabilillah, walau beliau terus dijajah berhingga harus meninggalkan kota kelahirannya Mekah, yang selalu menuntun kita dalam segala masa’alah dan musibah. Beliau iaitu baginda nabi Muhammad SAW, ia telah memberi kita contoh tauladan yang sangat baik, yang telah mengarahkan manusia kepada agama islam berhingga kita tahu siapa yang musti dan harus disembah.

Kaum muslimin jama’ah Jum’at yang dirahmati Allah...

Selama kita telah hidup di atas bumi yang penuh dengan segala cobaan, rintangan dan halangan yang mungkin sahaja semua itu tidak sedikit pun berarti apa-apa di mata-Nya, walaupun kita sebagai manusia harus berkeluh-kesah sampai meneteskan air mata dari setiap cobaan yang diberikan tuhan, tetapi bahagi-Nya itu tidaklah berati apa-apa.

Kaum muslimin jama’ah Jum’at yang disayangi Allah...

Penghormatan saya kepada tgk imum syik mesjid....

Penghormatan saya kepada ‘alim ulama baik yang mutaakh-khirin maupun ulama yang mutaqaddimin.

Penghormatan saya kepada protokol yang telah memberi saya kepercayaan untuk berdiri di hadapan kaum muslimin semuanya guna untuk menyampaikan mau’idhah hasanah sekaligus membaca rukun dua Al-Khutbah.

Penghormatan saya kepada seluruh kaum muslimin dan mukminin yang telah berkenan hadir memenuhi undangan Allah SWT pada hari Jum’at yang berbahagia ini.

Baiklah, kaum muslimin jama’ah Jum’at yang diridhai Allah...

Sebelum khatib membaca rukun dua Al-Khutbah ada baiknya sejenak khatib memberikan sedikit mau’idhah hasanah guna untuk dapat meningkatkan ketaqwaan kita kepada Allah SWT, yang mungkin juga mau’idhah ini akan berguna bahagi khatib sendiri, umummnya berguna untuk sekalian hadirin jama’ah Jum’at yang senantiasa dicintai, diridhai, dikasihi, dilindungi oleh Allah SWT.

Adapun khatib akan mengangkat sebuah ayat dari Al-Quran yang sudah khatib bacakan tadi, iaitu;

اعوذ بالله من الشيطان الرجيم، بسم  الله الرحمن الرحيم....
(Ayatnya adalah ayat yang sudah dibaca di atas tadi, dibaca sekali lagi di sini).

.....صدق الله العظيم.
Yangmana ayat tersebut mengingatkan kita pada sebuah peristiwa besar, iaitu peristawa;



Writer; Syukri Isa Bluka Teubai.


Posted By; Belukar Aceh News.

Posting Komentar

0 Komentar